Pecel Ontong Rajawali

Pecel Ontong RM Handayani
Jl. Kertajaya no. 42, Telp. (031) 5015701-5014900

Pecel ini tak kalah unik. Jika umumnya pecel berkomposisi sayuran hijau dan taoge, pecel dari Rumah Makan Handayani justru tak menggunakannya. Pecel hanya berisi ontong. Ya, itulah nama lain dari jantung pisang. Namun tak semua bagian jantung pisang bisa digunakan. "Hanya bagian bunga putihnya yang masih muda," jelas Bpk. Norman, Manajer Operasional RM Handayani.

Jantung pisang dikupas hingga bagian yang agak muda. Lalu diambil bunganya, dicuci bersih dan direbus dengan gula dan garam. Selain untuk memberu rasa, cara ini juga menghilangkan getah jantung pisang yang lengket. Setelah dingin ditiriskan, lalu dipotong-potong. Kemudian dicampur dengan daun kemangi dan disiram bumbu pecel. Bumbunya dibuat dadakan. Pedasnya pun bisa disesuaikan. Aroma daun jeruk cukup terasa di saus kacangnya. Pecel disajikan di atas sejenis piring berbentuk cobek kayu. Seporsi dijual Rp 5.500 saja.

Sayangnya, ketersediaan pecel ini agak terbatas. Jadi ada baiknya menelepon dulu untuk memesan atau mengetahui setok pecel yang tersedia. "Soalnya bahan bakunya agak sulit," jelas Norman.

Hidangan khas Indonesia memang jadi menu utama di rumah makan ini. Selain pecel, terdapat puluhan menu khas Indonesia lain yang bisa dinikmati. Kapasitasnya cukup luas mencapai 350 orang. Namun untuk standing party, bisa mencapai 900 pengunjung plus 3 ruang VIP. Beroperasi setiap hari mulai pukul 11.00-22.00. Lokasinya terletak di Jl. Kertajaya No. 42.

Artikel yang berhubungan dengan :



Tidak ada komentar: