Pecel Bu Kus..enak

Pecel

Hidangan bersaus kacang ini kerap jadi pilihan untuk sarapan atau makan siang. Selain menganut gaya klasik, ada juga yang berinovasi dengan jantung pisang, bahkan campuran rawon.

Pecel Bu Kus
Jl. Brata Jaya XX/110, Telp. (031) 5042357

Inilah salah satu pecel terkondang di Surabaya. Tempatnya terhitung mewah untuk bersantap menu pecel dengan hembusan AC yang cukup sejuk. Pelanggannya pun middle up. Harganya juga tak terlalu mahal. Cukup Rp 7 ribu, seporsi pecel sudah bisa dinikmati. Komposisinya pun lengkap. Ada daun singkong, taoge, kacang panjang, kemangi, petai cina, kering tempe dan serundeng kelapa. Lalu diberi saus kacang yang gurih. Sebagai finishing, pecel ditambahi peyek teri dan kacang. Namun peyeknya bukan sembarang peyek, lo. Ukurannya sunggug besar. "Peyek ini memang ciri khas pecel kami," jelas Ny Ida Dwi Amartani (38), pengelola kedai ini.

Sejak dulu peyek ini memang menjadi ikon. Ada dua petugas pembuat peyek ini. Ida pernah pula menyarankan untuk memperkecil ukuran peyek. "Tapi tangan kedua pembuat peyek ini sudah terbiasa dengan peyek besar, jadi ya tidak apa-apa. Malah jadi unik, kan?" ujarnya ramah.

Sejumlah bahan khusus digunakan untuk mempertahankan kualitasnya. Seperti kacang tuban kualitas super untuk saus kacang dan terasi Gresik untuk campuran bumbunya. "Buat saya terasi Gresik ini lebih sip ketimbang Sidoarjo," cetusnya.

Pecel yang dijual sejak tahun 1993 ini berlokasi di Jl Barata Jaya XX/110. Rumah makan bisa menampung lebih dari 100 pengunjung yang terbagi atas 2 lantai. Buka setiap hari sejak pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam. Sejak awal 2008 lalu, kedai membuka cabang di Jl. Cendrawasih No. 12, tepat di belakang Polwiltabes Surabaya.

Artikel yang berhubungan dengan :



Tidak ada komentar: