Panganan Nok Kampung Arab

Bagi orang luar Surabaya yang sedang mampir ke kota ini, terasa kurang lengkap apabila tidak membahas tentang kuliner di daerah Surabaya. Khususnya Ampel.

.........Tadi pagi waktu saya unjung-unjung ke saudara saya didaerah ampel, ketemu dengan makanan khas daerah Ampel (makanan arab) seperti gulai kacang hijau dan Roti Maryam. Gulai ini adanya hanya di pagi hari, tempatnya ada di PASAR AMPEL, sebelum gapura pintu masuk Masjid Ampel.

Gulai ini sama seperti gulai biasanya yang udah dimakan, tapi ditambah dengan kacang hijau, jadinya rasanya lebih kentel kuahnya. Dan kalau makan Gulai Kacang Hijau enak kalau ditambah dengan Roti Maryam (sejenis roti arab atau roti cane). Jadinya kalau makan Gulai Kacang Hijau ditambah dengan Roti Maryam yang “disobek” kecil-kecil dan dicampur dengan kuah kacang hijau. Harganya ya ngak terlalu mahal Gulai Kacang Hijau Cuma 3000 IDR plus Roti Maryam IDR 500 per lembar.

Untuk minumannya ada Kopi Arab yang rasanya juga beda dengan kopi yang dijual di warung kopi dan took-toko terdekat. Dan tidak lupa ketinggalan ada susu putih yang tidak biasa, yaitu “SUSU KAMBING”. Untuk susu kambing ini banyak yang cari baik yang tua maupun anak sekolahan, sehingga awas kehabisan. Kata yang jualan susu kambing ini diperes langsung dan keluarnya juga tidak banyak jadi seperti limited edition. Harga untuk kopi arab 1000 rupiah dan susu kambing 2000 rupiah. Tempatnya juga satu kawasan di PASAR AMPEL, dibelakang pedagang yang jual Gulai Kacang Hijau.

Jadi murah untuk makan pagi di kawasan AMPEL sambil menikmati suasana ARABIAN di pagi hari.

sumber: tugupahlawan.com

Artikel yang berhubungan dengan :



Tidak ada komentar: